Perkembangan teknologi dan terbukanya informasi, telah mempengaruhi
sejumlah komunitas muslim untuk merubah sistem pendidikan yang ada di instansi
Islam. TPQ (Taman Pendidikan Alquran) Al-Hidayah yang memiliki anak didik
rata-rata berusia dini juga tidak luput dari perkembangan sebuah sistem. Dari
awalnya metode Iqra’ (tidak berbasis pada rasio jumlah murid, program semester,
bahkan sistem penilaian yang konferhensif) kini dengan metode Ummi dengan
segala kelengkapan menejemennya, penetrasi kemajuan metode pembelajaran mulai
menemukan pergeseran. Pergeseran dalam metode pembelajaran Alquran inilah yang
menarik untuk dilakukan sebuah kajian penelitian dengan kerangka kerja Mike Featherstone,
dengan rumusan kesimpulan; (1) metode Ummi dalam pembelajaran Alquran telah mendominasi di
instansi-instansi Islam swasta, setidaknya terdapat tiga instansi pendidikan baik MI, MTs, maupun
MA yang telah menerapkan metode pembelajaran Ummi; (2) Proses estetisasi
pembelaran Ummi terdapat pada hasil yang tercapai, alumni-alumni metode Ummi
dirasa lebih mampu membaca Alquran dengan lagam dan tajwid yang benar; (3)
lemahnya sistem referensi yang terdapat dalam metode Iqra’ menjadikan metode
ini lambat laun ditinggalkan.
Download edisi lengkapnya di di sini
0 Komentar